Ini Daftar Kampus Yang Membuka Jurusan Ekonomi Syariah

Photo by Porter Raab on Unsplash

Tren Ekonomi syariah dalam beberapa waktu kebelakang terus menunjukan adanya perkembangan yang signifikan. Banyaknya bank umum swasta maupun bank daerah yang beroperasi dengan prinsip syariah menjadi salah satu bukti bahwa layanan keuangan syariah makin hari makin diminati oleh masyarakat. Ditetapkannya Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 menjadi terobosan yang positif untuk menjaga kehalalan produk-produk yang dipasarkan di Indonesia, mulai dari makanan sampai dengan produk kecantikan. Beberapa sektor bisnis yang juga telah mulai mencoba untuk menerapkan prinsip syariah seperti travel dan penginapan dalam menunjang perkembangan pariwisata halal menjadi bukti selanjutnya bahwa produk berupa barang maupun jasa yang bersesuaian dengan syariah menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan pemenuhan kebutuhan. Rasanya agak ketinggalan jika kita tidak juga memberikan tumpuan perhatian dalam mempelajari perekoomian dan keuangan syariah. Meningkatkan tren keuangan dan perekonomian syariah tentu akan diikuti dengan meningkatnya kebutuhan Sumber Daya Manusia yang mampu berperan sebagai praktisi maupun akademisi di bidang ekonomi syariah.  Karenanya ada informasi untuk #GenSyariah yang ingin belajar mengenai ekonomi syariah secara formal di perguruan tinggi. 

Sebenarnya sampai dengan saat ini sudah banyak perguruan tinggi menawarkan jurusan ekonomi syariah di Indonesia. #GenSyariah bisa memilih baik kampus swasta maupun kampus negeri. Berikut beberpa perguruan tinggi yang memiliki program studi atau jurusan ekonomi syariah:

Perguruan Tinggi Negeri

1. Universitas Airlangga

2. Universitas Indonesia)

3. Universitas Diponegoro

4. Institut Pertanian Bogor

5. Universitas Padjadjaran

6. Universitas Brawijaya

7. Universitas Pendidikan Indonesia

8. Universitas Mulawarman

9. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulungagung

10. Institut Agama Islam Negeri Palu

Perguruan Tinggi Swasta

1. Universitas Islam Indonesia

2. Universitas Djuanda

3. Universitas Islam Malang

4. Universitas Darussalam Gontor

5. Universitas Muhammadiyah Malang

Prospek kerja yang ditawarkan bagi para lulusan ekonomi syariah sebenarnya cukup beragam. Terutama pada ranah pekerjaan yang berbasis pada ekonomi dan keuangan syariah, nemun tidak menutup kemungkinan dapat berkarir di bidang lain. Termasuk juga dalam industri yang pengelolaan dan lain sebagainya. Beberapa profesi yang bisa ditekuni bagi para lulusan ekonomi syariahdiantaranya adalah sebagai staff keuangan syariah atau jabatan di atasnya, ahli ekonomi Islam, dosen ekonomi Islam, ataupun menjadi entrepreneur berbasis syariah. 

Selain universitas dan prospek pekerjaan yang telah disebutkan diatas, tentu masih banyak universitas yang menawarkan jurusan ekonomi syariah, begitupun dengan jenis karir yang dapat ditekuni oleh lulusan ekonomi syariah. 

Jika #GenSyariah mengetahui universitas yang menawarkan jurusan  dan jenis karir di bidang ekonomi syariah tulis dikolom komentar ya!

Penulis:

Maulana Irsyad

Reviewer:

Lusiana Ulfa Hardinawati, SEi., M.Si.

Editor:

Nulido Firgiyanto

Sumber:

Kasih, Ayundan Pininta. 2020. “Mengenal Jurusan Ekonomi Islam dan Prospek Menjanjikan”, https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/30/18485461/mengenal-jurusan-kuliah-ekonomi-islam-dan-prospek-karier-menjanjikan?page=all, diakses pada 10 Juli 2021.

Nugroho, Andi. 2020. “Menilik Pasar Bisnis Syariah di Indonesia”, https://qwords.com/blog/bisnis-syariah/, diakses pada 10 Juli 2021.

Rencanamu. (Tanpa Tahun). “Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah)”, https://rencanamu.id/cari-jurusan/ekonomi-bisnis/ekonomi-islam-ekonomi-syariah-, diakses pada 10 Juli 2021.

SyariahPedia. 2016. “7 Kampus Negeri yang Buka Prodi Ekonomi Syariah”,https://www.syariahpedia.com/2016/11/6-kampus-negeri-ptn-favorit-di.html, diakses pada 10 Juli 2021.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: