Artikel


Menatap Masa Depan Ekonomi Dan Keuangan Syariah Di Indonesia

#GenSyariah pasti telah mengetahui bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, dengan 87% penduduknya beragama Islam. Namun, dapat dikatakan bahwa Indonesia cukup terlambat dalam menyadari peluang mengembangkan ekonomi syariah. Sudah sejak lama Indonesia menjadi pengimpor terbesar untuk kebutuhan produk halal, padahal Indonesia mempunyai potensi yang begitu besar untuk memenuhi kebutuhan produk halalLanjutkan membaca “Menatap Masa Depan Ekonomi Dan Keuangan Syariah Di Indonesia”

Sukuk Negara Ritel Seri SR015, Mulai Rp. 1 Jutaan!

Terhitung sejak tanggal 20 Agustus 2021 kemarin hingga 15 September 2021 mendatang, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian keuangan membuka masa penawaran sukuk negara ritel seri SR015. Mengutip informasi yang dikeluarkan melalui laman resmi DJPPR Kementerian keuangan, SR015 memiliki tenor 3 tahun dan menawarkan tingkat imbal/kupon tetap sebesar 5,10 persen per tahun.Lanjutkan membaca “Sukuk Negara Ritel Seri SR015, Mulai Rp. 1 Jutaan!”

Inggris Pimpin Perkembangan Keuangan Syariah Di Eropa

Awal tahun 2021 lalu, publik dikejutkan dengan langkah pemerintah Indonesia yang memutuskan untuk menggabungkan tiga bank syariah BUMN yaitu Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah dan BNI Syariah melalui proses merger menjadi bank syariah yang resmi beroperasi dengan nama baru, Bank Syariah Indonesia (BSI). Keputusan tersebut dinilai menjadi salah satu komitmen pemerintah dalam mewujudkan mimpi IndonesiaLanjutkan membaca “Inggris Pimpin Perkembangan Keuangan Syariah Di Eropa”

Perkembangan Asuransi Syariah di Indonesia

Menurut UU No. 2 Tahun 1992 Asuransi merupakan suatu perjanjian antar dua pihak atau lebih, yang mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, yang mana untuk memberikan pergantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilanagan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum yang mungkin terjadi dalam seuatu peristiwa tertentu yang tidakLanjutkan membaca “Perkembangan Asuransi Syariah di Indonesia”

Informasi Penting Tentang KPR Syariah

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer manusia, mengingat di era sekarang harga tanah dan bahan bangunan mengalami dari hari ke hari terus mengalami kenaikan. Pertambahan penduduk dari tahun ke tahun semakin padat, membuat para developer berlomba-lomba mengembangkan usaha di bidang perumahan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah membangun rumah dengan harga terjangkau. Pemberian pelayanan kreditLanjutkan membaca “Informasi Penting Tentang KPR Syariah”

Tiga Madzhab Dalam Ekonomi Islam

Mungkin kita sering mendengar kata madzhab, atau bahkan istilah tersebut sudah bukan menjadi sesuatu yang asing. Ya, madzhab adalah metode atau pendapat dari Imam terkait hukum yang belaku dalam Agama. Selama ini mungkin kita mengenal istilah madzhab hanya pada ranah fiqih saja. Namun, sebenarnya dalam konteks pemikiran ekonomi Islam juga terdapat beberapa madzhab yang berbedaLanjutkan membaca “Tiga Madzhab Dalam Ekonomi Islam”

Rumah Sakit Syariah di Indonesia

Pelayanan kesehatan islami atau yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah sebenarnya sudah lama menjadi perhatian pada acara-acara ilmiah. Bahkan sudah dapat dipastikan setiap penyelenggara pertemuan organisasi rumah sakit dan pelayanan kesehatan Islam, masalah dan maslahat yang sering diperbincangkan dalam pembahasan ini juga mengenai internalisasi nilai-nilai Islam dalam pengelolaan dan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Formulasi mengenaiLanjutkan membaca “Rumah Sakit Syariah di Indonesia”

Tahapan Pelarangan Riba dalam Alquran

Pelarangan riba dalam Alquran tidak serta merta langsung diharamkan. Menurut al-Maraghi[1], tahapan pembicaraan tentang riba dalam Alquran sama dengan tahapan pembicaraan khamr (minuman keras). Seiring juga dengan diturunkannya Alquran secara berangsur, ayat-ayat pelaranganan mengenai riba ada yang diturunkan semasa Rasul ﷺ masih menetap di Mekkah dan ada pula yang diturunkan setelah hijrahnya Rasul ﷺ keLanjutkan membaca “Tahapan Pelarangan Riba dalam Alquran”

Jenis-Jenis Sukuk dan Perbedaanya dengan Obligasi Konvensional

Beberapa waktu yang lalu kita telah membahas apa itu sukuk dan bagaimana perannya dalam pembangunan negara. Sukuk kadang dikenal dengan istilah obligasi syariah, namun sejatinya memiliki perbedaan yang signifikan. Selain pendanaan modal yang disalurkan kepada sektor-sektor yang tidak bertentangan dengan syariah, adakah hal yang lebih signifikan untuk dapat memberdakan membedakan antara sukuk (obligasi syariah) denganLanjutkan membaca “Jenis-Jenis Sukuk dan Perbedaanya dengan Obligasi Konvensional”

Serupa Nisbah, Sistem Mato: Kunci Sukses Rumah Makan Padang

Berawal dari sebuah thread dari akun twitter @samartemaram, selain terkenal dengan menu makanan yang enak, ternyata ada rahasia dibalik suksesnya rumah makan padang yang mungkin tidak banyak diketahui orang lain. Perbedaan yang sekaligus menjadi faktor kunci kesuksesan rumah makan padang dengan bisnis lainnya yaitu terletak di cara penggajian karyawannya. Cara pengelolaan gaji karyawan dalam bisnisLanjutkan membaca “Serupa Nisbah, Sistem Mato: Kunci Sukses Rumah Makan Padang”

Mengapa Bunga Dilarang Dalam Sistem Ekonomi Syariah?

Larangan adanya bunga pada sistem perbankan menandakan bahwa sistem ekonomi Islam berlandaskan pada sumber-sumber hukum Islam yaitu Al-Quran dan Hadist. Umat islam dalam setiap aktifitas hidupnya harus selalu berlandaskan pada aturan-aturan yang sudah dibuat oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW agar selalu mendapatkan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat, salah satu adalah kegiatan ekonomi, artinyaLanjutkan membaca “Mengapa Bunga Dilarang Dalam Sistem Ekonomi Syariah?”

Integrasi Wakaf Dalam Asuransi Syariah

Dalam islam, terdapat beberapa ibadah yang bukan hanya berfungsi sebagai ibadah itu sendiri, tetapi juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan umat. Salah satu dari ibadah tersebut adalah wakaf. Selain zakat, infak dan sedekah, wakaf juga memiliki pengaruh yang cukup besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Tetapi hal ini tidak mungkin terjadi jika pengelolaan hartaLanjutkan membaca “Integrasi Wakaf Dalam Asuransi Syariah”

Ini Daftar Kampus Yang Membuka Jurusan Ekonomi Syariah

Tren Ekonomi syariah dalam beberapa waktu kebelakang terus menunjukan adanya perkembangan yang signifikan. Banyaknya bank umum swasta maupun bank daerah yang beroperasi dengan prinsip syariah menjadi salah satu bukti bahwa layanan keuangan syariah makin hari makin diminati oleh masyarakat. Ditetapkannya Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 menjadi terobosan yang positif untuk menjaga kehalalan produk-produk yang dipasarkanLanjutkan membaca “Ini Daftar Kampus Yang Membuka Jurusan Ekonomi Syariah”

Wisata Halal, Emang Ada?

Tren halal telah berkembang. Tidak hanya sebagai kebutuhan, penggunaan produk halal kini juga menjadi sebuah  gaya hidup bagi sebagian masyarakat global. Berbagai sektor ekonomi berbasis industri halal terus meningkat. Dalam hal ini, setidaknya ada tujuh sektor industri halal yang telah meningkat secara signifikan, yaitu kuliner, keuangan, industri asuransi, fesyen, kosmetik, farmasi, hiburan dan pariwisata. DimanaLanjutkan membaca “Wisata Halal, Emang Ada?”

Kilas Balik Ekonomi Syariah di Indonesia

Sistem ekonomi syariah telah diakui dan digunakan oleh sebagian negara di dunia. Negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Indonesia, dan Brunei Darussalam. Ataupun negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Oman, Kuwait, Qatar, dan negara lainnya telah mengaplikasikan sistem perekonomian syariah untuk menjawab permasalahan ekonomi yang makin beragam. Digunakannya ekonomi syariah sebagai suatu sistem perekonomian yangLanjutkan membaca “Kilas Balik Ekonomi Syariah di Indonesia”

Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

Pandemi Covid-19 yang bermula pada akhir 2019 lalu menyebabkan berbagai permasalahan di berbagai sektor, khusunya sektor esensial yaitu ekonomi. Sepanjang terjangan Covid-19 mewabah kinerja ekonomi telah mengalami penurunan yang sangat tajam, seperti terganggunya saluran ekspor dan impor, begitupun dengan penurunan tingkat konsumsi, bahkan sampai menyebabkan investasi menjadi terhambat. Kondisi ini tentu mengakibatkan pertumbuhan ekonomi yangLanjutkan membaca “Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)”

Kupas Tuntas Akad Murabahah dan Praktiknya di Bank Syariah

Secara etimologi, murabahah berasal dari bahasa Arab, ar-ribhu yang artinya kelebihan. Sedangkan secara terminologi, murabahah merupakan akad jual beli dalam Islam dimana terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak yang harga jualnya mendapat tambahan dari harga pokoknya. Dalam fatwa DSN MUI No.4/DSN-MUI/ IV/2000 tentang murabahah, bahwa dalam rangka membantu masyarakat guna melangsungkan dan meningkatkan kesejahteraan, makaLanjutkan membaca “Kupas Tuntas Akad Murabahah dan Praktiknya di Bank Syariah”

Kacamata Islam: Perkembangan Kosmetik Halal di Indonesia

Kehalalan suatu produk yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari sudah tentu menjadi perhatian utama bagi #GenSyariah, baik itu produk makanan atau minuman, atau bahkan produk kosmetik yang digunakan oleh sebagian orang untuk menunjang penampilan mereka. Berkaitan dengan produk kosmetik, selain mencari jenis produk yang cocok dengan kulit, tentu hal yang perlu dipertimbangkan adalah mengenai kehalalan dariLanjutkan membaca “Kacamata Islam: Perkembangan Kosmetik Halal di Indonesia”

Memuat…

Terjadi kendala. Silakan muat ulang halaman dan/atau coba kembali.

Ingin Artikel #GenSyariah Termuat di Website Syariah.in?

%d blogger menyukai ini: